Kamis, 04 Juni 2015

Pertemuan Pertama Pengajaran TK Islam RA. Az Zahra Kreatif (Ambia Widhi Wicaksono) (1801389276) (LA16)

Nama: Ambia Widhi Wicaksono
NIM: 1801389276
Mata Kuliah: Character Building: Pancasila
Kelas: LA16
Kelompok: 6

Nama Dosen: Nikodemus Thomas Martorejo, S.S., M.M
Kode Dosen: D3323


Nama TK: TK Islam RA. Az Zahra Kreatif
Lokasi TK: Jl. Anggrek Cakra No. 16B Rt.010/ Rw. 006 Kelurahan Sukabumi Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat 11540
Hari Pengajaran TK: Kamis
Jam Pengajaran TK: 08.00 - 11.00
Tanggal Pengajaran TK: 26 Maret 2015







Pada hari Kamis, 26 Maret 2015 saya beserta kelompok saya yang beranggotakan Badar Fitrawan, Himawan, Paschalis Hening, dan Riyandi suryawan mengajar TK Islam RA. Az Zahra Kreatif untuk pertama kalinya. Pada saat kami datang pukul 08.00 anak-anak sedang berbaris di halaman untuk melakukan senam pagi terlebih dahulu sebelum masuk kelas. Disana anak-anak terlihat sangat antusias dan sangat bersemangat untuk belajar.

Kondisi Jumlah Anak :

TK Islam RA. Az Zahra Kreatif memiliki 80 siswa dan dibagi menjadi 5 Kelas.

Situasi TK :

TK Islam RA. Az Zahra Kreatif sangat rapi dan bersih dari sampah yang membuat kondisi pembelajaran anak-anak TK menjadi nyaman dan teratur. Lokasinya juga lumayan strategis sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan TK tersebut.

Sarana dan Prasarana :

Di halaman TK terdapat banyak wahana bermain seperti perosotan, ayunan, ring bola basket, komedi putar, dll. Penyusunan meja dan kursi di dalam kelas tertata dengan rapi. Ada rak buku dengan berbagai macam alat tulis dan buku untuk membantu murid belajar dan berkreasi. Di dalam kelas juga tersedia satu kotak mainan lego yang disiapkan bagi anak-anak yang ingin bermain dan di setiap kelas terdapat kotak P3K untuk mengantisipasi bila ada anak yang terluka. Di TK tersebut terdapat dapur yang bersih dan rapi beserta kamar mandi yang bersih.

Kondisi Anak-Anak :

Masing-masing anak-anak memiliki karakter yang berbeda-beda dan mereka antusias dalam belajar maupun bermain. Ada yang rajin mendengarkan dan mengikuti perintah guru dan ada juga yang asik sendiri bermain.

Summary Proses Pembelajaran :

Pada hari pertama saya tidak mengajar dikarenakan kelas yang diperbolehkan untuk diajar hanya 4 kelas walaupun ada 5 kelas yang tersedia. Jadi pada hari pertama saya hanya berkenalan kepada seluruh anak-anak yang ada dan saya mendokumentasikan teman-teman saya yang mendapat giliran untuk mengajar terlebih dahulu. Berikut saya lampirkan hasil foto-foto yang telah saya dokumentasikan










Nilai Pancasila yang Diterapkan :

Nilai Pancasila yang diterapkan adalah :
Sila Pertama tentang 'Ketuhanan yang Maha Esa' dengan adanya berdoa bersama sebelum dan sesudah proses pembelajaran, 
Sila Kedua tentang 'Kemanusiaan yang Adil dan Beradab' dengan menunjukkan bahwa anak-anak TK mengikuti proses belajar mengajar dan mereka saling mengingatkan untuk tidak berkata kasar beserta patuh kepada omongan Ibu Guru, 
Sila Ketiga tentang 'Persatuan Indonesia' dengan menunjukkan bahwa mereka akrab satu sama lain.
Sila Keempat mengenai suasana kondusif yang dipmpin ibu guru beserta teman saya yang mengajar.
Sila Kelima mengenai cara mereka kenal mengenal satu sama lain dan ibu guru memperlakukan mereka sama.

Kesan dan Pesan :

Saya mendapatkan pelajaran bagaimana cara mendidik dan mengajar anak-anak. Saya juga dapat mengetahui beberapa karakterisitik anak-anak walaupun saya belum mengajar di hari pertama. Mengajar anak-anak juga melatih kesabaran dan ketekunan saya. Saya pada hari itu sangat merasa antusias untuk mengajar mereka pada pertemuan selanjutnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar