NIM: 1801389276
Mata Kuliah: Character Building: Pancasila
Kelas: LA16
Kelompok: 6
Nama Dosen: Nikodemus Thomas Martorejo, S.S., M.M
Kode Dosen: D3323
Nama TK: TK Islam RA. Az Zahra Kreatif
Lokasi TK: Jl. Anggrek Cakra No. 16B Rt.010/ Rw. 006 Kelurahan Sukabumi Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat 11540
Hari Pengajaran TK: Kamis
Jam Pengajaran TK: 08.00 - 11.00
Tanggal Pengajaran TK: 7 Mei 2015
Pada hari Kamis, & Mei 2015 saya beserta kelompok saya yang beranggotakan Badar Fitrawan, Himawan, Paschalis Hening, dan Riyandi suryawan mengajar TK Islam RA. Az Zahra Kreatif untuk pertemuan yang keempat atau pertemuan yang terakhir. Pada saat kami datang pukul 08.00 anak-anak seperti biasa sedang berbaris di halaman untuk melakukan senam pagi terlebih dahulu sebelum masuk kelas.
Kondisi Jumlah Anak :
TK Islam RA. Az Zahra Kreatif memiliki 80 siswa dan dibagi menjadi 5 Kelas. Pada hari itu saya mengajar satu kelas yang berisi 15 anak-anak.
Situasi TK :
TK Islam RA. Az Zahra Kreatif sangat rapi dan bersih dari sampah yang membuat kondisi pembelajaran anak-anak TK menjadi nyaman dan teratur. Lokasinya juga lumayan strategis sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan TK tersebut.
Sarana dan Prasarana :
Di halaman TK terdapat banyak wahana bermain seperti perosotan, ayunan, ring bola basket, komedi putar, dll. Penyusunan meja dan kursi di dalam kelas tertata dengan rapi. Ada rak buku dengan berbagai macam alat tulis dan buku untuk membantu murid belajar dan berkreasi. Di dalam kelas juga tersedia satu kotak mainan lego yang disiapkan bagi anak-anak yang ingin bermain dan di setiap kelas terdapat kotak P3K untuk mengantisipasi bila ada anak yang terluka. Di TK tersebut terdapat dapur yang bersih dan rapi beserta kamar mandi yang bersih.
Kondisi Anak-Anak :
Masing-masing anak-anak memiliki karakter yang berbeda-beda dan mereka antusias dalam belajar maupun bermain. Ada yang rajin mendengarkan dan mengikuti perintah guru dan ada juga yang asik sendiri bermain.
Summary Proses Pembelajaran :
Pada hari ini anak-anak sedang mengikuti lomba melukis
yang diadakan oleh TK tersebut. Pada saat kami dating meeka sedang asyik dan
serius melukis. Setelah mereka selesai melukis mereka mengumpulkan dan bermain
sebentar sembari para ibu guru menilai hasil lukisan mereka.
Setelah ibu guru selesai menilai lukisan anak-anak tibalah
saatnya pengumuman siapa yang juara. Anak yang mendapatkan juara mendapatkan
piala. Tetapi pada saat itu ada bagian marketing dari suatu perusahaan vitamin
yang datang untuk membagikan bingkisan vitamin kepada anak-anak. Jadi semua
anak mendapatkan bingkisan tersebut. Semua anak terlihat sangat senang dan
memamerkan bingkisan mereka kepada kami.
Setelah selesai mereka semua dipersilahkan untuk memasuki
ruangan kelas masing-masing. Pada pertemuan yang terakhir saya masuk dikelas
yang berbeda dari sebelumnya. Pada hari itu saya mengajarkan mereka bernyanyi
dan membaca syair. Saya mengajak anak-anak bernyanyi bintang kecil, balonku,
pelangi dan lagu anak lainnya. Sementara untuk syair, ibu guru sudah menyiapkan
syair dan saya membaca syair yang kemudian diikuti oleh anak-anak.
Saya
mengetes mereka untuk maju satu-satu untuk membaca syair. Bagi yang bisa akan
mendapatkan bintang di tangannya dan bai yang tidak bisa saya ajarkan sampai
bisa dan tetap saya kasih bintang ditangannya. pembelajaran hari itu hanya
sampai disitu karena anak-anak sudah melukis di pagi harinya.
Nilai Pancasila yang Diterapkan :
Nilai Pancasila yang diterapkan adalah :
Sila Pertama tentang 'Ketuhanan yang Maha Esa' dengan
adanya berdoa bersama sebelum dan sesudah proses pembelajaran,
Sila Kedua tentang 'Kemanusiaan yang Adil dan Beradab'
dengan menunjukkan bahwa anak-anak TK mengikuti proses belajar mengajar dan
mereka saling mengingatkan untuk tidak berkata kasar beserta patuh kepada
omongan Ibu Guru,
Sila Ketiga tentang 'Persatuan Indonesia' dengan
menunjukkan bahwa mereka akrab satu sama lain.
Sila Keempat mengenai suasana kondusif yang dipmpin ibu
guru beserta teman saya yang mengajar.
Sila Kelima mengenai cara mereka kenal mengenal satu sama
lain dan ibu guru memperlakukan mereka sama.
Kesan dan Pesan :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar