NIM: 1801389276
Mata Kuliah: Character Building: Pancasila
Kelas: LA16
Kelompok: 6
Nama Dosen: Nikodemus Thomas Martorejo, S.S., M.M
Kode Dosen: D3323
Nama TK: TK Islam RA. Az Zahra Kreatif
Lokasi TK: Jl. Anggrek Cakra No. 16B Rt.010/ Rw. 006 Kelurahan Sukabumi Utara Kebon Jeruk Jakarta Barat 11540
Hari Pengajaran TK: Kamis
Jam Pengajaran TK: 08.00 - 11.00
Tanggal Pengajaran TK: 16 April 2015
Pada hari Kamis, 16 April 2015 saya beserta kelompok saya yang beranggotakan Badar Fitrawan, Himawan, Paschalis Hening, dan Riyandi suryawan mengajar TK Islam RA. Az Zahra Kreatif untuk pertemuan yang ketiga. Pada saat kami datang pukul 08.00 anak-anak seperti biasa sedang berbaris di halaman untuk melakukan senam pagi terlebih dahulu sebelum masuk kelas.
Kondisi Jumlah Anak :
TK Islam RA. Az Zahra Kreatif memiliki 80 siswa dan dibagi menjadi 5 Kelas. Pada hari itu saya mengajar satu kelas yang berisi 13 anak-anak
Situasi TK :
TK Islam RA. Az Zahra Kreatif sangat rapi dan bersih dari sampah yang membuat kondisi pembelajaran anak-anak TK menjadi nyaman dan teratur. Lokasinya juga lumayan strategis sehingga tidak terlalu sulit untuk menemukan TK tersebut.
Sarana dan Prasarana :
Di halaman TK terdapat banyak wahana bermain seperti perosotan, ayunan, ring bola basket, komedi putar, dll. Penyusunan meja dan kursi di dalam kelas tertata dengan rapi. Ada rak buku dengan berbagai macam alat tulis dan buku untuk membantu murid belajar dan berkreasi. Di dalam kelas juga tersedia satu kotak mainan lego yang disiapkan bagi anak-anak yang ingin bermain dan di setiap kelas terdapat kotak P3K untuk mengantisipasi bila ada anak yang terluka. Di TK tersebut terdapat dapur yang bersih dan rapi beserta kamar mandi yang bersih.
Kondisi Anak-Anak :
Masing-masing anak-anak memiliki karakter yang berbeda-beda dan mereka antusias dalam belajar maupun bermain. Ada yang rajin mendengarkan dan mengikuti perintah guru dan ada juga yang asik sendiri bermain.
Summary Proses Pembelajaran :
Pada hari ini saya sudah berjanji kepada anak-anak untuk
membuat pesawat dari kertas. Saya telah menyiapkan kertas yang saya bawa dari
rumah untuk dibagikan kepada anak-anak untuk membuat pesawat. Tetapi sebelum
membuat pesawat anak-anak seperti biasa sarapan terlebih dahulu kemudian
diberikan waktu untuk bermain.
Setelah mereka selesai makan dan bermain, saya memulai
untuk mengajarkan mereka bagaimana cara membuat pesawat. Saya membagikan kertas
dan mereka berebutan untuk mendapatkan kertas dari saya. Sepertinya mereka
sudah tidak sabar untuk membuat pesawat. Setelah membagikan kertas saya memulai
tahapan awal untuk membuat pesawat. Saya melipat kertas yang kemudian diikuti
oleh anak-anak. Ada anak yang bisa, ada pula anak yang tidak bisa. Mereka
memanggil saya secara berebutan untuk meminta pertolongan saya. Kemudian saya
membantu mereka yang kesulitan secara bergantian. Setelah itu saya melanjutkan
ke tahapan selanjutnya sampai pesawat siap untuk dimainkan.
Ketika pesawat sudah jadi, anak-anak sangat merasa senang
dan mencoba menerbangkan pesawatnya. Ada yang pesawatnya bisa terbang dengan
baik ada juga yang tidak bisa terbang. Bagi anak yang pesawatnya tidak bisa
terbang, saya membuatkan dia pesawat yang baru. mereka terus menerbangkan
pesawat mereka sampai pada akhirnya ibu guru memberitahu mereka agar pesawatnya
dimasukkan kedalam tas dan melanjutkan pembelajaran selanjutnya.
Pada
pembelajaran selanjutnya saya hanya membantu ibu guru mengajar mereka. Membantu
mereka untuk menulis karena pada hari itu ibu guru memberikan materi belajar
menulis kepada anak-anak.
Nilai Pancasila yang Diterapkan :
Nilai Pancasila yang diterapkan adalah :
Sila Pertama tentang 'Ketuhanan yang Maha Esa' dengan adanya berdoa bersama sebelum dan sesudah proses pembelajaran,
Sila Kedua tentang 'Kemanusiaan yang Adil dan Beradab' dengan menunjukkan bahwa anak-anak TK mengikuti proses belajar mengajar dan mereka saling mengingatkan untuk tidak berkata kasar beserta patuh kepada omongan Ibu Guru,
Sila Ketiga tentang 'Persatuan Indonesia' dengan menunjukkan bahwa mereka akrab satu sama lain.
Sila Keempat mengenai suasana kondusif yang dipmpin ibu guru beserta teman saya yang mengajar.
Sila Kelima mengenai cara mereka kenal mengenal satu sama lain dan ibu guru memperlakukan mereka sama.
Kesan dan Pesan :
Saya mendapatkan pelajaran bagaimana cara mendidik dan mengajar anak-anak. Saya juga lebih dapat mengenal dan mengetahui karakterisitik anak-anak. Mengajar anak-anak juga melatih kesabaran dan ketekunan saya. Saya sangat senang mengajar mereka dan mereka pun begitu. Saya tidak sabar untuk mengajar mereka lagi dan kali ini untuk pertemuan yang terakhir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar